Komputer dan Masyarakat
Assalammuallaikum wr, wb,
Hallo temen-teman setelah kita sudah membahas sedikit tentang apa itu Algioritma dan Bahasa pemrograman java di artikel sebelumnya. Sekarang kita akan mempelajar materi baru yaitu tentang hubungan komputer dan manusia, atau komputer dan masyarakat, langsung saja ke tofik pembahasan pertama.
Aplikasi Komputer Dan Isu Yang Berkembang
Dampak negative : manusia tergantung dengan komputer, kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat dan teliti, hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.
Gimana teman-teman pembahasan materi hubungan manusia dan komputer kali ini, apa kalian sudah paham tentang pentingnya komputer bagi manusia dan akibatnya.
Terimakasih telah membaca artikel ini, Salam cahrudin
Aplikasi Komputer Dan Isu Yang Berkembang
- Komputer di gunakan sebagai alat bantu untuk menyiampan, mengelola dan mengambil data informasi yang di perlukan
- Perangkat lunak komputer yang yang memiliki perangkat tertentu sesuai yang di inginkan oleh sang pembuat aplikasi atau (progremer)
Tujuan
system uang elektronik, (atm, kartu kredit, dan debit), penyimpanan data pemrosesan transaksi secara online, pembayaran tagihan secara online
bidang perdagangan
memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak. Menyimpan hasil transaksi, persediaan barang-barang atau setok. Pembuatan laporan keuangan. Faktur, surat-surat atau documendan lain-lain nya. Selain pembayaran tunai ada lagi pembayaran secara elektronik
Bidang Industry
CAM - computer aided manufacturing untuk meningkatkan produktipitas.
- Mempermudah pekerjaan atau tugas
- Sebagai alternatif atau jalan keluar dari berbagai macam persaoalan sehari-hari
- Efesien
- Control dan maintenance
- Program kata: microsoft word, notepad, wordpad, amipora wordstar, open office dll
- Pengelola angka: microsoft excel, loutus 123, quatro pro, genome dll
- Pengelola data: data base, Microsoft acces, ASP dan lain-lain
- Pengelola citra: adobe photoshop, Microsoft paint, corel photo, USG dll
- Aplikasi internet
- Aplikasi grafis
- Aplikasi programming
- Aplikasi multimedia
- Aplikasi game
- Dll
- Perbankan
- Perdagangan
- Industry
- Transfortasi
- Rumah sakit
- Pendidikan
- Hiburan atau seni
- Penelitian
- Rekreasi
- Pertahanan dan keamanan
- Komunikasi
system uang elektronik, (atm, kartu kredit, dan debit), penyimpanan data pemrosesan transaksi secara online, pembayaran tagihan secara online
bidang perdagangan
memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak. Menyimpan hasil transaksi, persediaan barang-barang atau setok. Pembuatan laporan keuangan. Faktur, surat-surat atau documendan lain-lain nya. Selain pembayaran tunai ada lagi pembayaran secara elektronik
Bidang Industry
CAM - computer aided manufacturing untuk meningkatkan produktipitas.
CAD - computer aided design untuk merancang produk industri misal (mobil dll).
Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.
Bidang Kedokteran
Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.
Bidang Kedokteran
Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.
CAT - computer axial thomography untuk menghasilkan gambar sinar X bergerak. Membantu tuna netra membaca dengan texs khusus. Menyimpan Riwayat penyakit pasien, penggajian kariawan rumah sakit. Mengelola penyediaan obat- obat.
Bidang Pendidikan
CBE computer based education sebagai alat pembelajaran. CAI computer assisted instruction digunakan Pendidikan untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran. Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajarc dan soal-soal ujian maupun Latihan.
Bidang Seni
SYNTHESZER di gunakan untuk bunyi alat music seperti bunyio gitar dan piano. Untuk proses penciptaan lagu. Untuk menghasilkan animasi dalam filem-filem kartun dan special effect.
Bidang Penelitian Sience
Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data. Penelitian ruang angkasar dan ramalan cuaca.
Bidang Rekreasi
Sumber alat rekreasi seperti game online. Roller coster yang di kendalikan oleh komputer.
Bidang Hankam
Kapal perang dan kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat. Untuk simulasi perang atau terbang.
Bidang Komunikasi
Telekomunikasi yaitu teleconference, email, voice, mail dan lain-lain. Modem sebagi alat sarana antara komputer dengan internet.
Isu-isu Yang Beredar Tentang Komputer
Dampak positif : Komunikasi yang lebih baik, transfortasi data yang cepat dan aman, pekerjaan selesai lebih cepat dan akurat, efesiensi tenaga kerja.
Bidang Pendidikan
CBE computer based education sebagai alat pembelajaran. CAI computer assisted instruction digunakan Pendidikan untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran. Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajarc dan soal-soal ujian maupun Latihan.
Bidang Seni
SYNTHESZER di gunakan untuk bunyi alat music seperti bunyio gitar dan piano. Untuk proses penciptaan lagu. Untuk menghasilkan animasi dalam filem-filem kartun dan special effect.
Bidang Penelitian Sience
Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data. Penelitian ruang angkasar dan ramalan cuaca.
Bidang Rekreasi
Sumber alat rekreasi seperti game online. Roller coster yang di kendalikan oleh komputer.
Bidang Hankam
Kapal perang dan kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat. Untuk simulasi perang atau terbang.
Bidang Komunikasi
Telekomunikasi yaitu teleconference, email, voice, mail dan lain-lain. Modem sebagi alat sarana antara komputer dengan internet.
Isu-isu Yang Beredar Tentang Komputer
Dampak positif : Komunikasi yang lebih baik, transfortasi data yang cepat dan aman, pekerjaan selesai lebih cepat dan akurat, efesiensi tenaga kerja.
Dampak negative : manusia tergantung dengan komputer, kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat dan teliti, hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.
Gimana teman-teman pembahasan materi hubungan manusia dan komputer kali ini, apa kalian sudah paham tentang pentingnya komputer bagi manusia dan akibatnya.
Terimakasih telah membaca artikel ini, Salam cahrudin
Dan baca juga : materi tentang Ergonomi.
Komentar
Posting Komentar