Jelaskan Prinsip Etika E commerce dan E business

E-commerce

Pengertian E-commerce

E-commerce adalah kegiatan komersial dengan pembayaran, pembelian, penjualan, pembayaran, pemasaran barang dan jasa secara sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, dan jaringan komputer lainnya, E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, penukaran data elektronik, sistem manegemen inventori otiomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Ciri – ciri E-commerce
E-commerce memiliki prinsip jual beli barang, dimana setiap situs e-commerce hanya focus dengan kegiatan jual beli barangnya saja. E-commerce bisa berbentuk situs web dengan alamat yang berdiri sendiri, ataupun model toko online yang menggunakan media social yang gratis. E-commerce menggunakan prinsip jual beli dan transaksi elektronik, seperti transfer dana, baik secara uang virtual maupun berupa uang asli menggunakan rrekening koran. E-commerce melayani proses pemindah tangan suatu barang, yang dalam hal ini lebih dikenal dengan istilah proses jual beli barang di dalam situs E-commerce.

Etika E-ecommer
  1. Peinsif kejujurran
  2. Prinsip keadilan
  3. Prinsip hormat menghormati
  4. Prinsip berbuat baik dan tidak berbuat jahat
Manfaat E-commerce
  • Untuk manegemen : peningkatan pendapatan loyalitas pelanggan
  • Untuk penjual : tanpa kesalahan, tepat waktu, efesiensi
  • Untuk pembeli : belanja cukup satu tempat dan harga lebih murah
Contoh E-commerce
  • Shopee
  • Lazada
  • Bukalapak
  • Tokopedia
  • Bli bli
  • JD.ID
  • Amazon
  • Bli bli
  • DLL

E-business

Pengertian E-business
E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan teknologi elektronik. E-business berkaitan secara menyeluru dengan proses bisnis termasuk value chain : pembelian secara elektronik (electronic purchasing), management rantai suplai (supplay chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan untuk pelangga, dan kerja sama dengan mitra bisnis.

Jenis – jenis E-business
  • Business to business
  • Business to consumer
  • Business to business to consumer
  • Consumer to business
  • Consumer to consumer
  • Mobile commerce
  • E-learinig
  • E-government
  • DLL
Ciri – ciri E-business
E-business dapat dilihat atau dipandang sebagai keseluruhan bagian dari sebuah situs yang menawarkan fasilitas E-commerce. E-business memiliki banyak sekali fitur yang sangat lengkap, mulai dari tim pemasaran, tim IT dan maintenance dan sebagainya. E-business juga memiliki banyak program yang lebih luas, tidak hanya focus terhadap proses transaksi jual beli saja. Dan juga E-business biasanya memiliki sebuah kantor pusat ataupun kantor perwakilan untuk mrmanage seluruh bisnis elektronik yang di kembangkan.

Manfaat E-business
Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, meningkatkan produktivitas kariawan melalui rekayasa uang proses bisnis, menekan biaya Menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan dan mengakses informasi berbasis kertas. Pembeli dan costomer dapat dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui melalui internet sehingga tidak repot harus ketempat hanya untuk melihat barang dan menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk atau jasa.

Contoh E-business
Pada dasarnya contoh E-commerce bisa dimasukan ke dalam E-business, karena memiliki struktur tersendiri Ketika kita melihat keseluruhan sistem dari situs E-commerce tersebut, maka dari keseluruhan elemen dari situs E-commerce tersebut bisa kita masukan kedalam bagian E-business.
  • Dalam jasa transportasi : pegi-pegi, Traveloka, tiket.com, trivago, go jak, grab dan lainnya
  • Dalam surat kabar : kompas, detik, tribun, liputan6, tempo DLL
  • Dalam bank : semua dalam contoh M-banking dan I-banking termasuk didalamnya
  • DLL
Dampak negatif E-commerce dan E-business
  1. Kemungkinan adanya penipuan
  2. Kehilangan kepercayaan kepada konsumen
  3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
  4. Pencurian informasi rahasia yang berharga
  5. Pengguanaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak
  6. Kerugian yang tidak terduga, dilakukan gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan fator manusia, atau kesalahan sistem elektronik
Perbedaan E-commerce dan E-business

E-commerce

  • E-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business
  • E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet
  • Tujuan e-commerce memang benar-benar money oriented/berorientasi pada perolehan uang saja
E-business
  • Ebusiness lebih luas dalam lingkup
  • E-business melibatkan pemasaran, perancangan public, evaluasi layanan konsumen dan lainnya
  • Tujuan E-business berorientasi pada kegiatan jangka Panjang yang sifatnya absrak seperti kepercayaan konsumen, peraturan kerja, relasi antara mitra bisnis, dan penanganan masalah social lainnya

Berikut adalah pengertian tentang e-commerce dan e-business beserta manfaat dan perbedaan nya, apabila ada kesalahan dari artikel ini atau penyampaian yang kuran dapat di pahami, sampaikan keritik dan saran kepada cahrudin.my.id,
terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Program Java Perulangan dan Percabangan

I Write a Story About Me Here

Mengapa Ergonomi Menjadi Penting Dalam Pekerjaan Seseorang